Panduan Step by Step Instal Dan Uninstal Aplikasi Di Laptop

Cara instal aplikasi di laptop, memasang dan menghapus aplikasi di laptop atau komputer windows itu sebenarnya sangat mudah hanya saja mungkin bagi kita yang baru pertama kali menggunakan laptop atau komputer sedikit kuatir terjadi error,

Wajar saja namanya juga baru pertama kali pastilah kita nggak mau salah langkah atau terburu-buru, lebih baik mencari artikel atau tutorial cara menginstal maupun menghapus aplikasi di laptop.

Nah pada kesempatan kali ini wowotek akan bagikan panduan instalasi software/aplikasi untuk kalian yang masih kesusahan, wowotek akan bagikan langkah demi langkah sehingga kalian bisa memahami dengan mudah.
instal aplikasi di laptop

Cara Instal Aplikasi di Laptop





Baca : Laptop Lemot?, Ini 6 Penyebab dan Cara Mengatasinya

Memasang aplikasi di laptop sebenarnya sangat gampang kita hanya tinggal klik next serta mencheklist persetujuannya maka instalasi akan langsung berjalan, tapi kali ini wowotek akan terangkan supaya lebih jelas lagi, berikut ini tutorialnya :

  1. Cari atau pergi ke folder tempat aplikasi yang ingin kalian install
  2. Jalankan Installer aplikasi tersebut dengan cara Klik 2x pada filenya(bisa juga tekan “Enter”) atau klik kanan => open
    instal program laptop
  3. Setelah itu akan muncul notifikasi Administrator atau User Account control tekan YES untuk masuk ke instalasi.
  4. Selanjutnya muncul wizard atau jendela installer, untuk mulai instalasi aplikasi tekan “Next”
    instalasi program windows
  5. Selanjutnya akan muncul jendela terms agreement atau perjanjian kesepakatan yang intinya kalian menggunakan aplikasi tersebut maka kalian menyetujui ketentuan dari aplikasi tersebut, kalian bisa langsung klik “I agree”.

    kadang ada juga checkbox bertuliskan “I agree” kalian harus memberi centang pada checkbox tersebut untuk bisa menginstal aplikasi, atau kalian harus scrool terus user agreement tersebut baru tulisan “I agree” bisa di klik.

    biasanya orang tidak terlalu memperdulikan isi dari perjanjian kesepakatan ini karena memang isinya panjang lebar, makanya kalian bisa langsung melewatinya.instal aplikasi laptop

  6. Selanjutnya pilih folder untuk tempat instalasi, umumnya folder instalasi terletak di C:\Program Files\Disini, kalian bisa biarkan saja default kemudian klik next.
    setup instalasi softwarenamun jika kalian akan menginstal aplikasi semacam web server yang isinya sering di ubah-ubah daripada kalian ribet setting perizinan folder maka kalian bisa ubah lokasi instalasinya di drive D: atau E: dengan cara klik “browse” kemudian buat folder baru => klik OK => kemudian klik Next.
  7. Setelah lokasi folder instalasi sudah kalian tentukan langkah terakhir kalian tinggal install aplikasinya dengan mengklik tulisan “Install”.
    instal software di laptop
  8. Tunggu proses instalasi selesai.
  9. Selesai, setelah proses instalasi selesai dengan suskses maka aplikasi sudah siap digunakan.




Cara Uninstal Aplikasi di Laptop

Cara uninstall atau menghapus aplikasi di laptop windows lebih simple di banding cara memasangnya, berikut ini langkah-langkahnya.

  1. Tekan tombol Windows di keyboard atau dengan klik tombol Start yang aja di pojok kiri bawah
  2. Ketikkan “uninstall a program” kemudian pilih menu uninstall a program
    uninstal aplikasi windows
  3. Cari aplikasi yang ingin kalian uninstall kemudian klik 2x aplikasi tersebut atau dengan cara tekan Enter
  4. Akan muncul pemberitahuan Program And Features yang artinya “Apakah kamu yakin ingin menguninstall aplikasi bla bla bla?” silahkan tekan yes.
    cara uninstal aplikasi komputer
  5. Proses pencopotan akan segera berjalan silahkan kalian tunggu prosesnya selesai,
    hapus aplikasi di laptop
    Tapi ada juga aplikasi yang ketika kita ingin menguninstall sedikit berbeda karena akan muncul jendela mirip saat kita menginstall aplikasi tersebut hanya saja di sana ada pilihan remove/repair atau uninstall/repair silahkan kalian bisa pilih remove atau jika tidak ada kalian pilih uninstall kemudian tunggu prosesnya selesai.
  6. Done, aplikasi telah selesai di hapus.

Setelah atau sebelum mulai instalasi mungkin kalian mengalami beberapa error, nah berikut ini beberapa error yang sering terjadi.




Masalah-Masalah Yang Timbul Sebelum dan Sesudah Memasang Aplikasi

  • File corrupt, jika kalian mengalami masalah ini segeralah hapus file tersebut kemudian download ulang dari sumber yang berbeda, kenapa? karena masalah corrupt file susah di perbaiki maka lebih baik kalian menggantinya.
  • Harddisk Full, hardisk yang penuh cara mengatasinya hapus file-file tidak penting terutama di file system( Drive C: )
  • Intalasi di interupsi oleh antivirus, intalasi di hadang atau di hentikan oleh antivirus bisa karena kesalahan pendeteksian sehingga aplikasi tersebut di anggap virus biasanya terjadi saat kalian akan memasang aplikasi bajakan, cara mengatasi nonaktifkan sementara antivirus.
  • File dll missing, aplikasi atau game selesai di install tapi gagal di buka karena file dll missing?, file dll missing atau hilang bisa di karenakan file dll terhapus atau kalian belum memasang directx. cek disini memperbaiki file dll hilang.
  • Required .netFramework, saat akan membuka atau menginstal aplikasi muncul notifikasi membutuhkan .netFramework 3 atau di atasnya?, kalian bisa mengatasinya dengan cara memasang terlebih dahulu .netFramework , jika instalasi .netframework gagal atau error cek disini cara mengatasi gagal install .netFramework.

Nah begitulah Panduan Step by Step Instal Aplikasi Di Laptop Serta Uninstall mudah bukan?, semoga tutorial ini dapat bermanfaat bagi kita semua.

Jika terdapat kesalahan penulisan maupun kesalahan pengguaan tata bahasa dan lain-lainya mohon di maafkan, Sampai jumpa di tutorial lainnya dari wowotek

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *